Apa Itu Sporotrichosis Pada Kucing?

RPK | Hallo, Rumah Peduli Kucing (RPK) hadir kembali untuk bagi-bagi informasi penting buat kamu para pencinta kucing. Kali ini saya mau bagi informasi seputar Sporo atau sebutan lengkapnya "Sporotrichosis". Apasih Sporotrichosis itu? 

Nah, Sporotrichosis adalah infeksi jamur yang .....

SELENGKAPNYA BACA DI BLOG HASANUSIMUHAMMAD.COM

HASANUSIMUHAMMAD.COM


jarang terjadi tetapi dapat menjadi fatal dan bisa terjadi pada manusia, anjing dan kucing. Ini disebabkan oleh sejenis jamur Sporothrix schenkii yang hidup didalam tanah dan bahan2 buangan organic. 

kucing terkena Sporotrichosis
Contoh kucing yang terkena kucing terkena Sporotrichosis
Fungus ini berpotensi untuk menyebabkan infeksi pada kulit, sistem pernafasan, tulang dan terkadang infeksi di otak, dan penyakit ini dikenal sebagai Sporotrichosis. Modus transmisi fungus ini ialah melalui inokulasi langsung (direct innoculation), yaitu melalui luka abrasi pada kulit atau melalui pernafasan / inhalasi. Perpindahan jamur ini dapat terjadi antara hewan dengan hewan lain dan juga antara hewan ke manusia.

Kucing lebih sering mendapat infeksi sporotrichosis kulit yang parah, dan ini membuat kucing lebih mudah menginfeksi kucing2 lain dan juga manusia. Kucing2 yang dibiarkan sering diluar lebih mudah terinfeksi melalui luka yang disebabkan oleh perkelahian atau tindakan contact fisik kucing dengan kucing lainnya.

Jenis-jenis sporotrichosis dan gejala infeksi
Sporotrichosis pada kulit (cutaneous).
  • sering terjadi di kepala, hidung dan ekor kucing.
  • ada bengkakan (bumps) atau lesi pada kulit luar, serta kelenjar membengkak.
  • lesi biasanya terlihat seperti luka yang bernanah, ulcerative dan tidak sembuh.
  • tidak menunjukkan perubahan dengan pengobatan antibiotik
  • sering terjadi dikawasan yang pernah luka.
  • ada juga bengkakan limfa atau lymphadenopathy.

Apakah sporo dapat diobati?
Sporotrichosis dapat diobati jika cepat diidentifikasi. Tempat perawatan yang biasanya digunakan adalah antifungus Itraconazole (Sporanox) pada dosis 10mg /kg/hari. Jangka waktu pengobatan biasanya agak panjang selama 3-4 minggu. Satu lagi antifungus yang dapat digunakan adalah terbinafine (Lamisil).

Oleh karena Sporothrix schenkii adalah sejenis jamur, pengobatan menggunakan antibiotik tidak akan efektif, dan harus dihindari memberi steroid untuk kucing yang terinfeksi.

Sporotrichosis merupakan zoonotic infection, dan manusia dapat terinfeksi ketika kontak dengan kucing yang tertular ini. Perlu ditekankan aspek kebersihan ketika membersihkan luka pada kucing yang kita rasa mungkin diakibatkan oleh sporo, seperti dengan memakai sarung tangan dan menghindari sentuhan secara direct contact.

Comments

Popular posts from this blog

Memelihari Kucing Hingga Mengganggu Tetangga, Apa Hukumnya?

obat obat kucing yang sehat