Membersihkan telinga kucing

Setiap pemilik kucing secara rutin harus memeriksa telinga kucing kesayngan mereka bahkan dibersihkan bila perlu. Dengan demikian, jika terjadi suatu masalah dapat diberikan pengobatan secara cepat.
Ada bagian tubuh kucing yang terkadang kita tidak memperhatikanna , yaitu bagian dalam telinga. Kucing tidak bisa membersihkan bagian dalam telinganya sendiri meski disodori cuttonbad. Disinilah peran kita sebaga sesama mahluk hidup jiah, simbiosis mutualisme. Cobalah lihat dengan mata telanjang bagian dalam telinga kucing kita , apakah terdapat tanda tanda seperti ini ?

  1.     Mengeluarkan bau busuk
  2.     Nampak ada hewan kecil
  3.     Bewarna hitam kotor
  4.     Ada benjolanlen
  5.     Berdarah ataupun bernanah
  6.     Kucing sering menggaruk telinga dan menggelengkan kepala

Tanda tanda tersebut bisa jadi disebabkan oleh penyakit pada telinga antara lain Otitis atau infeksi telinga atau EarMite / Tungau telinga bahkan bisa menyebabkan kanker .Untuk itulah kita harus berprinsip lebih baik mencegah daripada mengobati. Bagaimana cara mencegahnya ? ya harus rajin2 membersihkan telinga kucing. Bagaimana cara nya ? akan saya berikan sedikit tips n saran :
  1.     Siapkan cutton bad yang kapasnya lembut (khusus bayi) atau pinset dengan kapas
  2.     Siapkan cairan pelembut kotoran contohnya : baby oil, well khusus telinga atau pembersih tetese telinga yang  banyak dijual dipetshop
  3.     teteskan cairan ke dalam telinga secara perlahan secukupnya
  4.     Pijat bagian telinga agar cairan merata
  5.     tunggu beberapa saat hingga kotoran melunak
  6.     Bersihkan kotoran dengan cuttonbad
  7.     yang paling penting lakukan dengan hati hati, lebut dan perlahan karena bagian telinga dalam sangat sensitif !

Bagaimana jika terlihat parah ? segera konsultasikan dengan Vet terdekat

Tindakan pengobatan yang dilakukan berbeda-berda tergantung penyebab otitisnya. Obat tetes telinga yang mengandung antbiotik dan anti radang bisa diberikan bila terjadi infeksi bakteri dan pembengkakan.
Obat tetes telinga yang mengandung anti ektoparasit atau injeksi obat golongan avermectin (ivermectin, selamectin, dll) bisa diberikan bila otitis disebabkan oleh ear mite atau ekto parasit lain. Pemberian obat-obatan ini harus mengikuti siklus hidup parasit tersebut.
Untuk kasus tumor atau polip, diperlukan tindakan operasi/bedah untuk mengangkat jaringan yang abnormal. Namun ingat hanya bisa dilakukan oleh Dokter atau sepengetahuannya.

Comments

Popular posts from this blog

Memelihari Kucing Hingga Mengganggu Tetangga, Apa Hukumnya?

obat obat kucing yang sehat

Apa Itu Sporotrichosis Pada Kucing?