cara yang tepat menggosok gigi kucing

Sebenarnya kucing sudah memiliki cara membersihkan giginya sendiri.Namun tidak menutup kemungkinan karena makanan yang flak atau salah dalam memilih makanan pada kucing membuat kucing harus menggosok gigi.

 Pilih waktu & tempat yang tepat
Cari waktu & tempat rutin dimana kamu dan kucing merasa tenang dan nyaman untuk melakukan proses pembersihan gigi.

- Siapkan alat-alat

Gunakan sikat dan pasta gigi yang didapat dari petshop.Biasanya pasta gigi yang disukai kucing adalah pasta gigi dengan rasa makanan.


- Buka Mulut Kucing

Tekan ujung kedua sudut mulut dengan jari tengah dan jempol. Tangan satunya membuka/menarik ujung depan rahang bawah. Biasakan kucing dengan proses ini sekaligus membiasakan anda dengan teknik tersebut.

- Urutkan gigi yang disikat

Pada awalnya tidak semua gigi disikat,cukup gigi taring dan 1-2 gigi disebelahnya.Namun ketika sudah sering menggosok gigi,lakukan gosokan gigi-gigi berikutnya hingga semua gigi juga ikut tergosok.

- Berhenti Ketika Kucing terlihat stress

Jangan memaksa kucing,bila terlihat stress atau pusing.Hentikan segera,dan lakukan yang belaian halus atau memberi makanan yang dia sukain.

 Hentikan proses menyikat gigi ketika kucing masih menikmatinya. Setelah terbiasa diperlukan sekitar 30 detik untuk membersihkan gigi di bagian samping. Anda tidak perlu terlalu merisaukan kebersihan sisi gigi bagian dalam. Sekali-sekali bagian dalam memang perlu dibersihkan. Pembentukan karang gigi pada sisi bagian dalam jauh lebih lambat dari sisi luar.
Hentikan segera proses pembersihan gigi bila kucing mulai terlihat stress. Bila dipaksa, berikutnya kucing akan lebih susah di kendalikan. Berikan penghargaan berupa pujian, belaian atau bahkan makanan kesukaannya bila kucing berlaku baik pada saat pembersihan gigi.
Pada awalnya proses pembersihan gigi bisa membuat anda & kucing stress. Setelah terbiasa, proses tersebut menjadi hal yang menyenangkan. Selamat menyikat gigi .

Comments

Popular posts from this blog

Memelihari Kucing Hingga Mengganggu Tetangga, Apa Hukumnya?

obat obat kucing yang sehat

Apa Itu Sporotrichosis Pada Kucing?