berapa lama kucing mengandung

Kucing sedikit berbeda. Siklus reproduksi kucing tidak berlangsung teratur dalam periode tertentu. Tahap birahi/minta kawin (estrus) pada kucing dipengaruhi oleh berbagai hal. salah satunya adalah lama matahari bersinar dalam satu hari (day light time).

Di negara dengan empat musim, lama matahari bersinar berbeda antara musim panas dan musim dingin. Kucing biasanya minta kawin pada musim dimana matahari bersinar lebih lama.
Lain lagi dengan negara-negara tropis yang lamanya matahari bersinar relatif tidak berubah terlalu banyak. Di daerah tropis, siklus reproduksi kucing relatif lebih teratur dengan periode 1-1.3 bulan.

nah Salah satu hal yang di tunggu-tunggu oleh pemilik kucing adalah kehamilan pada kucing. Untuk mengetahui kucing hamil atau tidaknya, berikut beberapa tanda-tanda kehamilan pada kucing.
Antara lain : muntah-muntah, beberapa kucing seriga mengalami muntah-muntah apabila sedang hamil, layaknya manusia. Namun hal ini tidak terjadi pada semua kucing betina. Kemudian berhentinya siklus birahi secara tiba-tiba. Atau bisa juga kita melihat dari beberapa perubahan fisik, misalnya : putting susu yang mulai berwarna pink, namun hal ini biasa terlihat pada usia kehamilan 3minggu. Selain itu juga bulu-bulu di sekitaar puting akan rontok. Atau bisa juga terlihat dari bertambahnya nafsu makan.
Pada usia kehamilan 3 minggu biasanya perut kucing sudah mulai terlihat membesar, namun belum terlalu terlihat, pada usia kehamilan 3 minggu juga sudah bisa mulai d raba (agak d pencet bagian perut) terasa seperti ada benjolan-benjolan.
Bisa juga dilakukan USG di dokter hewan, dengan melakukan USG kita juga mengetahui keadaan calon kitten tersebut, apakah sehat atau ada masalah.
Jangan lupa juga mencatat tanggal terakhir perkawinan, hal ini di lakukan untuk menentukan HPL (hari perkiraan lahir). Usia kehamilan kucing biasanya terjadi selama 60-70 hari, bila pada hari ke 70 belum juga melahirkan maka sebaiknya segera di bawa ke dokter hewan.
Hal hal yang tidak boleh dilakukan pada saat kehamilan kucing adalah memberinya obat cacing, karena hal ini dapat memicu kegguguran, selain itu juga vaksinasi. Sebaiknya melakukan vaksinasi sebelum megawinkan kucing tersebut. Hal ini untuk memberikan kekebalan tubuh kepada induk kucing. Usia rentan kehamilan adalah usia Seiring mendekatnya waktu kelahiran biasanya kucing mulai gelisah dan terengah-engah nafasnya disertai kontraksi.
Apabila usia kehamilan kucing sudah menginjak hari ke 59 maka pemilik d harapkan mempersiapkan kelahiran. Kucing Persia saat melahirkan kebanyakan masih membutuhkan bantuan manusia karena terbiasa tergantung dengan pemilik. Hal-hal yang perlu di persiapkan saat kelahiran adalah, air hangat, alcohol, gunting, benang jahit.
Apabila induk akan melahirkan biasa di tandai dengan pecahnya air ketuban, apabila sudah terjadi demikian makan kelahiran anak pertama tidak lama lagi. Setelah anak lahir maka biarkan induk menjilat-jilat. Jika induk tidak memakan placenta maka pemilik sebaiknya membantu (menyuapkan) placenta ke pada induk kucing tersebut, karena placenta tersebut untuk tenaga si induk pada saat mengeluarkan anak ke 2, ke 3, ke 4 dan anak-anak kucing yang lahir setelahnya. Setelah itu ikat pusar dengan benang jahit (benang sebaiknya sudah di cuci dengan air panas dan di beri alcohol, hal ini untuk membersihkan benang dr bakteri atau kotoran yang menempel. Keringkan anak kucing tersebut dengan tissue lalu letakkan di bawah lampu agar hangat.

Untuk menjaga kesehatan kucing akan sangat baik apabila di beri vitain atau suplement tambahan, misalnya seperti Xtra Bloom Wate yang berguna untuk menambah nafsu makan dan memjaga kesehatan kucing, saat kucing sudah melahirkan vitamin ini juga sangat baik untuk memperbanyak produksi air susu. selain untuk induk apabila anak anak kucing sudah mulai makan maka sebaiknya di beri suplement Xtra Bloom juga dengan dosis yang lebih rendah, hal ini akan sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh anak kucing yang masih rentan.

Comments

Popular posts from this blog

Memelihari Kucing Hingga Mengganggu Tetangga, Apa Hukumnya?

obat obat kucing yang sehat

Apa Itu Sporotrichosis Pada Kucing?